Selasa, 07 Februari 2023

KOORDINASI DAN KOMUNIKASI ADALAH KUNCI MEMBANGUN SINERGI

   Ternyata, disamping proses koordinasi dan komunikasi yang harus dilakukan dalam rangka membangun sinergi dan kolaborasi, diperlukan juga kepandaian orangnya yang ditunjuk untuk melakukan koodinasi dan komunikasi. Disitulah letak keberhasilannya.

    Hal ini dibuktikan oleh Alfin dan Dedi saat menjadi utusan menghadap ke Pak Pejabat BPBD Kota Surabaya. Walaupun terkesan mendadak, ternyata mereka berdua diterima oleh Ridwan Mubarun (Sekretaris BPBD Kota Surabaya), dan Yanu (Kabid PK, BPBD Kota Surabaya), dengan tangan terbuka penuh keramahan.

   Apalagi mbakyu Lilik selalu menebar senyum, membuat Alfin nyaman menyampaikan maksud dan tujuan kedatanyannya untuk merealisasikan kegiatan relawan di Kantor BPBD Kota Surabaya, seperti yang pernah dijanjikan.

   Yang jelas, relawan dipersilahkan menggunakan Aula BPBD Kota Surabaya beserta fasilitasnya (karpet, terpal), dengan catatan bersurat terlebih dulu. Sementara untuk fasilitas lainnya akan dikoordinasikan dulu dengan bidang PK.

    Dan yang lebih menyenangkan adalah, BPBD siap memfasilitasi minuman dan gorengan. Walaupun statusnya masih insha Allah, namun itu sudah melegakan. Pertanda BPBD meridhoi keberadaan komunitas relawan dengan program swadayanya, sebagai upaya peningkatan kapasitas, sekaligus mempererat tali silaturahmi.

    Pejabat BPBD pun dengan senang hati berkenan memberikan sambutan dan membuka acara Sharing Session PPGD dan Simulasi Psikososial, yang dilaksanakan pada hari sabtu (18/02/2023).  Hal ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi relawan untuk membangun sinergi dan kerja-kerja kolaboratif antar pihak.

    Yang penting dan perlu dicamkan adalah, Panitia dan peserta harus saling mengingatkan untuk tidak merusak fasilitas yang ada di BPBD. Mari kita tunjukkan bahwa relawan itu punya etika dan sopan santun.

   Dari hasil koordinasi dan komunikasi yang dilakukan Alfin dan Dedi, langsung ditindak lanjuti oleh panitia yang dipimpin oleh Harper. List kebutuhan acara pun di paparkan. Diantaranya, Banner kegiatan 3m x 1m, penanggung jawabnya  KTGD, 4 dus Air mineral dalam gelas dibelikan SAR SER, Jajanan Polopendem ditangani  Posko Bersama, dan lainnya.

  Tanpa paksaan, semua komunitas berkontribusi sesuai kemampuannya. Inilah gotong royong dan kebersamaan versi relawan dalam rangka mensukseskan kegiatan bersama dengan konsep dari kita, oleh kita, dan untuk kita.

   Semoga koordinasi dan komunikasi antara relawan dan BPBD ini sebagai langkah awal yang akan berkelanjutan dengan berbagai kegiatan yang bermakna. Salam Tangguh, Salam Kompak Persahabatan. [eBas/Selasa-07022023, bersamaan dengan peringatan satu abad NU].

 

 

 

 

1 komentar:

  1. semoga kegiatan sharing session dan simulai psikososial yang bertempat di Aula BPBD Kota Surabaya dengan segala fasilitasnya menjadi awal dari terbangunnya sinergi dan kerja-kerja kolaboratif antara berbagai pihak dalam rangkan peningkatan kapasitas dan mempererat tali silaturahmi antar komunitas relawan yang ada di Kota Surabaya.

    Sekali Layar Terkembang Pantang Surut Ke belakang.
    ayo relawan Kota Surabaya , bersama kita bisa berkarya untuk kebermanfaatan sesama

    BalasHapus