Minggu, 10 September 2023

SELAMAT DATANG PENGURUS BARU PASCA KONGRES

Gempita kongres SRPB ke-3 tahun 2023 telah selesai dengan aman terkendali. Tampuk kepengurusan pun telah berganti dalam suasana santai tanpa saling caci. Berjalan dengan penuh musyawarah tanpa perdebatan yang saling menyalahkan.

Ya, pengurus SRPB Jatim telah menunaikan amanah, dimana tahun 2023 harus melaksanakan kongres untuk memilih pengurus baru. Tidaklah elok jika timbul kesan pengurus sengaja mengulur waktu, tidak mau diganti karena keenakan duduk di kursi kepengurusan.

Kali ini, Wawan Kim, dipercaya oleh peserta kongres ke-3 untuk menggantikan Dian, yang sudah menjabat dua periode. Pakdhe Wawan, begitulah sebagian ada yang memanggilnya pemilik nama lengkap Rachmad Subekti Kimiawan, yang dikukuhkan menjadi koordinator SRPB Jatim masa bhakti 2023 - 2026.

Selamat datang pengurus baru SRPB Jatim. Ditanganmulah kini berjalan tidaknya roda organisasi, yang konon memiliki anggota mitra komunitas relawan yang cukup banyak dan tersebar di JawaTimur. Pengurus baru tidak boleh berlama-lama terlena dalam suka cita hasil kongres yang digelar sabtu-minggu (09-10/09/2023).

Paling tidak, pekerjaan pengurus yang pertama adalah cepat melakukan konsolidasi ke dalam. Jangan lupa tetap melibatkan para pendahulu yang telah meletakkan pondasi kuat sehingga dapat bertahan selama enam tahun, dengan segala suka duka dan prestasi yang telah dicapai.

Ingat. Para mantan pengurus itu sangat rentan untuk “hengkang” menjauh jika tidak dilibatkan. Minimal mereka menjadi rujukan dalam merancang program. Ya mereka, para senior itu wajib “diorangkan” walau keputusan akhir ada ditangan pengurus.

Untuk itulah pengurus terpilih juga harus pandai menjalin komunikasi dengan para pihak, internal maupun eksternal (pentahelix). Agar roda organisasi tetap dapat berjalan ditengah perubahan jaman yang sangat dinamis. Ya, tugas pengurus baru memang berat. Jika tidak waspada bisa terpeleset.

Dengan pengalaman, loyalitas dan dedikasi pengurus terpilih, diharapkan ke depan dapat mencapai hal-hal yang luar biasa bersama semua aktivisnya. Pastilah semua peserta kongres percaya bahwa pengurus terpilih dapat meningkatkan kinerjanya serta akan menjadi panutan yang hebat dalam melaksanakan program yang disusun dan disepakati bersama. Ya, pengurus baru harus segera ‘move on’ menghadapi kenyataan.

Dulu, salah seorang pengurus pernah mengatakan bahwa anggota mitra SRPB Jatim jumlahnya puluhan yang siap dimobilisasi, untuk mensukseskan program-program kebencanaan yang diselenggarakan BNPB maupun BPBD.

Namun dalam perjalanan waktu, saat benar-benar dibutuhkan, yang berhasil di mobilisasi hanya beberapa saja. Jauh dari dugaan semula. Mengapa bisa begini ?. mungkin saja karena banyaknya kesibukan, sehingga terjadi kelengahan dalam “ngopeni” anggota mitra.

Untuk itu, pengurus baru dalam programnya, harus mampu merawat jalinan persaudaraan yang telah dirintis dengan penuh cinta, kembali bergairah seperti dulu lagi, sesuai khittoh dibentuknya SRPB Jatim di Hotel Regent Park Kota Malang tahun 2017.

Yang bagaimana itu ?. tentunya masing-masing pengurus terpilihlah yang merasakan untuk kemudian mencarikan solusi bersama. Diantaranya untuk membongkar kebuntuan koordinasi dan komunikas, sehingga kepengurusannya Dhe Wawan dapat Membawa perubahan yang lebih baik sesuai maqomnya.

Sebagai pengganti Dian Harmuningsih, tidak lupa mengucapkan terimkasih dan salam hormat kepada sahabat semua yang telah memberi ucapan selamat. Ini adalah awal sebuah perjalanan. Tentu butuh teman, kawan, dan sahabat untuk menjalaninya.

“Trimakasih kepada Mbah Dharmo selaku Sekjen F-PRB beserta pengurus, juga teman semua. Mari kita saling bergandeng tangan, saling bekerjasama untuk kebaikan. Seperti Motto SRPB Jatim, Bersatu, Bersinergi, untuk Peduli,” Katanya menanggapi banyaknya ucapan selamat atas terpilihnya menjadi koordinator SRPB Jatim.

Sementara Gus Yoyok, dari Yayasan Jagat Alam Nusantara, mengatakan bahwa, tidak ada yang sulit kalau kita jalani bersama dengan hati ketulusan dan keikhlasan, Allah akan memberikan jalan yang terbaik

“Semoga di berikan kekuatan, kelancaran menjalankan tugas dan amanah dalam misi panji-panji kemanusian membangun kebersamaan untuk Jatim Tangguh, Aamiin, “ Ujarnya.

Semoga pengurus masa bhakti 2023 - 2026 yang akan disusun nanti akan semakin tampak keberagamannya yang mencerminkan keterwakilan dari organisasi mitranya, sesuai ketentuan yang berlaku agar organisasi dapat menjalankan fungsinya secara transparan dan bertanggungjawab. Salam Tangguh. [eBas/SeninKliwon-11092023]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 komentar:

  1. Organisasi menjadi besar dan kuat lantaran sumber daya manusia yang telah terlatih. kerja sama yang solid dan kolaborasi demi menghasilkan ide-ide baru, menjadi penting untuk mengasah kemampuan anggota dalam beradaptasi terhadap perubahan yang cepat.

    BalasHapus