Sabtu, 16 Mei 2020

TERDAMPAK COVID-19 RELAWAN MEMBANTU RELAWAN (hanya sebuah cerita belaka)


Dampak dari pandemic covid-19, sungguh luar biasa. Disamping meningkatnya jumlah korban, juga berpengaruh kepada sejumlah relawan yang mata pencahariannya di sektor informal, dengan mengandalkan upah harian, mengalami pengurangan penghasilan. Bahkan sama sekali tidak bekerja karena pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Melihat kesulitan itu, Pengurus sekretariat bersama relawan penanggulangan bencana (SRPB) Jawa Timur, berinisiatif memberikan bantuan. Rencana ini dimatangkan dalam subuah acara berbuka puasa secara terbatas.

Dian Harmuningsih, sebagai koordinator SRPB, mengatakan di tengah pandemi covid-19 yang semakin ganas ini diharapkan teman-teman relawan yang berkelebihan rejeki, berkenan berbagi dengan teman-teman relawan yang perlu dibantu.

“Mari kita peduli kepada teman kita yang kesulitan karena dampak pamdemi ini. Mari bergotong royong membangun solidaritas dengan membagikan paket sembako yang bisa meringankan beban kawan kita, Mari bersama mencari dana untuk merealisasikan rencana mulia kita,” Ujarnya mengawali diskusi sambil menikmati hidangan buka puasa, senin (4/5) malam, di rumahnya, Desa Sumorame, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo.

Beberapa donator telah siap menyalurkan bantuannya. Baik berupa uang maupun barang. Rencananya, dalam satu paket sembako itu terdiri dari beras 5Kg, minyak goreng 1 liter, telur ½ Kg, gula 1Kg, dan sarden 1 Kaleng. Jenis barang bisa bertambah, jika donator yang berpartisipasi semakin banyak.

Yoyok Wahyudi, mengusulkan agar segera membentuk tim yang akan mendata siapa saja relawan yang berhak mendapatkan bantuan, sehingga bisa segera disalurkan. Mengingat ini bulan puasa, tentu kebutuhan sembako sangat diperlukan.

“Sebagai langkah awal, saya pikir kita mendata 50 orang dulu untuk segera diberikan bantuan. Baru kemudian mendata lagi sesuai dengan donasi yang masuk,” Kata Yoyok yang aktif mengadakan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum serta mendirikan Cafe Relawan.

Sementara, Wawan Subakti, sebagai penanggung jawab kegiatan, yakin nanti akan banyak relawan yang bersedia menyisihkan sedikit rejekinya untuk membantu sesamanya yang membutuhkan. Itu lah nilai kepedulian dalam arti sesungguhnya. Seperti yang sering diteriakkan bersama “Bersatu Bersinergi Untuk Peduli”. Tinggal bagaimana mekanisme menghubungi seluruh ketua organisasi mitra SRPB agar berkenan menyisihkan sedikit rejekinya guna mendukung kegiatan ini.

Dari kalkulasi kasar saja, jika setiap anggota organisasi mitra SRPB menyisihkan rejekinya dua ribu rupiah saja setiap bulan, maka akan terkumpul jumlah yang lumayan untuk dikemas dalam paket sembako untuk membantu sesama relawan. termasuk untuk modal usaha bersama. Sehingga SRPB bisa mandiri secara financial.   

“Semoga buka bersama yang hanya diikuti oleh beberapa orang ini membawa keberkahan bagi kegiatan  relawan membantu relawan yang telah kita sepakati bersama,  ” Ujarnya.

Masih kata pria yang sekarang memelihara jenggot, bahwa bagaimana pun juga keterlaksanaan program Lumbung Pangan Relawan ini sangat tergantung dari partisipasi kita semua. Istilahnya Kak Dian, jimpitan pun tidak apa-apa yang penting bergerak bersama, maka yang sedikit demi sedikit dari jimpitan itupun akan menjadi bukit. Wallahu a’lam bishowab. #Selamat menikmati akhir ramadhan, semoga kita mendapat limpahan barokah ramadhan#. [eBas/SabtuPahing-16052020]




1 komentar:

  1. gagasan Lumbung Pangan Relawan itu sangat mulia sekali. Jika semua bersatu kompak dan berkenan menyisihkan sebagian rejekinya, minimal Rp. 2000,- setiaporang per bulan sudah terkumpul dana yg lumayan untuk digunakan berkegiatan membantu sesama relawan pun bisa digunakan untuk modal usaha sbg upaya merealisasikan gagasan kemandirian financial.

    di atas kertas, relawan anggota organisasi mitra SRPB itu buanyak lho. sangat potensial untuk merelaisasikan gagasan mulia yang bernama LPR

    semoga gagasan itu bisa menjadi nyata adanya.
    sehingga semuanya yang turut berkontribusi akan mendapat barokah dari infaq yang diberikan setiap bulannya

    BalasHapus