Selasa, 06 Juni 2023

TIM KECIL SEBAGAI INISIATOR KEGIATAN LINTAS KOMUNITAS.

 Prayogi, saat membuka rapat evaluasi kegiatan latihan bersama water rescue, mengatakan bahwa panitianya sangat solid dalam membangun kerjasama antar personil, sehingga hasil kerjanya diluar ekspektasi. Semua berjalan sesuai skenario. Semua yang terlibat, ketika pulang dari kegiatan, merasa senang.

 Jika disana sini masih ada kekurangan, itu masih dalam batas kewajaran, bukan kesengajaan. Sehingga tidak berlebihan jika personil yang terlibat dalam kepanitiaan ini perlu dipertahankan sebagai sebuah tim kecil yang menjadi tulang punggung kegiatan kolaboratif selanjutnya.

 Istilahnya Prayogi, beberapa waktu yang lalu (jika tidak salah) adalah sebagai rintisan terbentuknya forum relawan kemanusiaan kota surabaya (atau nama lain yang akan disepakati bersama nantinya), sebagai wadah komunitas relawan kemanusiaan, juga komunitas pecinta alam dan lingkungan, yang ada di Kota Surabaya.

 Bolehlah dikatakan bahwa  Tim kecil yang dibentuk ini terdiri dari berbagai komunitas yang memiliki kapasitas serta semangat dan komitmen tinggi untuk saling belajar dan bekerja sama mencapai tujuan yang disepakati. Diantaranya membuat kegiatan kolaboratif antar komunitas dengan konsep dari kita, oleh kita dan untuk kita.

 Walaupun selama persiapan kegiatan latihan bersama water rescue di tempat wisata bahari sontoh laut, belum pernah dihadiri oleh semua panitia (karena kesibukan), namun semua tetap berjalan lancar. Mereka saling menginformasikan. Baik lewat japri, maupun melalui grup whatsapp. Mereka pun saling mengisi kekurangan yang ada sesuai kapasitasnya.

Terbukti, walaupun baru kali ini bekerjasama, namun karena Prayogi sebagai dirigen yang handal dalam “mengorkestrasi” anggotanya, maka terciptalah sebuah harmoni yang indah, penuh dengan nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan untuk suksesnya latihan bersama water rescue.

 Tentu kesuksesan ini layak untuk dirayakan. Seperti usulan Bima, dari SSV, memanfaatkan sisa dana operasional untuk mengadakan syukuran.

 Acara ini, disamping khusus untuk panitia (tim kecil), juga memberitahu pihak sponsorship, BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Kota Surabaya, BASARNAS, POKDARWIS dan KIM setempat. (serta undangan lain yang dianggap perlu). siapa tahu mereka berkenan hadir, serta berkenan mendukung kegiatan selanjutnya.

 Semoga acara syukuran di pos pantau sontoh laut, hari sabtu pahing (10/06/2023) sore hari, berjalan lancar sesuai skenario, sekaligus dapat menyepakati kegiatan berikutnya. Seperti sharing session tentang peran komunitas dalam upaya pengurangan risiko bencana, tentang praktek baik pelaksanaan program SPAB, latihan prusik di wall climbing milik BPBD Provinsi Jawa Timur, manajemen pendakian, latihan survival, dan lainnya sebagai upaya peningkatan kapasitas dan memperluas wawasan relawan.

 Semoga langkah kecil yang telah dilakukan oleh tim kecil ini terus berjalan dalam rangka terbentuknya forum relawan kemanusiaan kota surabaya (atau nama lain yang akan disepakati bersama nantinya), seperti yang pernah dicetuskan saat pertemuan awal di BPBD Kota Surabaya beberapa bulan yang lalu. Salam Kompak Persahabatan. [eBas/SelasaPon-06062023]

1 komentar: