Rabu, 03 Mei 2023

ANNIVERSARY SEBAGAI MEDIA SILATURAHIM ANTAR ORGANISASI

 Menurut Cambridge Dictionary, anniversary adalah suatu hari untuk merayakan sesuatu yang penting yang terjadi di hari tersebut. Anniversary identik dengan perayaan hari jadi (dari sebuah organisasi), yang ditunggu oleh banyak pihak untuk kangen-kangenan dn bersulang cerita.

Saking bermaknanya, hampir semua organisasi mengagendakan kegiatan anniversary di setiap tahunnya dengan berbagai agenda yang ditata sedemikian rupa dan dikabarkan lewat media. Dengan harapan semua organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan lingkungan hudup, turut “mangayubagyo”.

Seringkali kegiatan yang mengundang banyak puhak ini diselenggarakan di alam terbuka (camping ground). Biasanya di wana wisata pegunungan, namun ada juga yang menempati daerah pesisir pantai, sesuai kesepakatan internal organisasi untuk memeriahkannya.

Misalnya kegiatan anniversary diikuti dengan penghijauan ataupun penanaman mangrove sebagai upaya melestarikan limgkungan alam demi kehidupan flora dan fauna yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam arti luas.

Terkait upaya penghijauan dengan menanam berbagai pohon produktif, hendaknya dikerja samakan dengan masyarakat dan pejabat setempat (termasuk aparat perhutani), agar terjamin bibit yang ditebar itu hidup sesuai harapan. Tidak layu sebelum berkembang.

Biasanya, agenda anniversary itu diisi dengan beberapa sambutan formal, untuk kemudian dilanjutkan refleksi dan evaluasi program kegiatan yang telah disepakati, untuk mengetahui pendukung dan kendala pelaksanaan program. Untuk kemudian mencari alternatif solusi agar keberadaannya semakin dirasakan oleh penerima manfaat.

Sambil menggelar pesta kecil dengan hidangan ala kadarnya, mereka menikmati acara spontanitas (biasanya mendengankan nyanyian bertemakan lingkungan dan protes sosial). Kadang kehadiran api unggun akan menambah suasana yang romantis. 

Acara bersulang cerita pengalaman yang tertuang dalam “sharing session” juga sangat menarik sebagai media solaturahim diantara mereka yang menyempatkan datang di arena anniversary. Apalagi jika dalam acara yang digelar penuh akrab bersahabat ini juga dibagikan door prize sebagai kenangan yang terindah. 

Tidak tertutup kemungkinan dalam acara itu muncul kegiatan bersama lintas komunitas. Misalnya mengadakan pendakian bersama, bakti sosial gabungan, dan sebagainya sesuai kesepakatan bersama. Termasuk mengadakan halal bihalal bersama.

Salah satu kegiatan Anniversary yang bisa dicontohkan disini adalah yang akan digelar oleh Sahabat Giri Wana (SGW) dalam rangka ulang tahunnya yang ke-10 sekaligus memperingati hari bumi, dengan gerakan penanaman mangrove, di kawasan kalimireng, Kabupaten Gresik.

Semoga gelaran Anniversary yang disisipi kerja-kerja kemanusian yang dilakukan oleh para natural volunteer, dapat menjadi media silaturahim dan ajang pembelajaran melalui “sharing session” bagaimana mencintai lingkungan alam untuk diwariskan kepada anak cucu. Salam Lestari. [eBas/RabuWage-03052023]

 


 

 

 

 

 

 

 


1 komentar:

  1. semoga kawan2 komunitas peduli kemanusiaan dan lingkungan, yang istiqomah menggelar acara anniversary dapat memanfaatkannya sebagai media kontemplasi sudah sejauh mana sumbangsih komunitas terhadap upaya pelestarian lingkungan alam serta bagaimana bentuk upaya menjaga lingkungan alam tetap indah untuk dinikmati pesona keelokannya serta dimanfaatkan untuk keperluam kehidupan manusia secara bijaksana dan terukur. hal ini terkait dengan upaya mitigasi bencana untuk membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana

    BalasHapus