Minggu, 21 Mei 2023

PEMBERDAYAAN RELAWAN DI ACARA ANNIVERSARY KOMUNITAS

 “Ayo dapatkan Kacamata Baca, Sungglas, Kacamata Minus, Kacamata Anak, Kacamata Safety, dan lainnya, dengan Harga 10 Ribu. Hanya ada di acara Anniversary JABRIK di Indreng Genitri, hari Ini Sampai Besok. Yuk … Berbondong-bondong Kita Camping. Ajak teman, sanak saudara, dan pasangan masing-masing untuk refreshing,” Kata Karyoganteng di grup whatsapp Formalitas Jatim.

 Apa yang dikatakan itu, ternyata benar adanya. Di bumi perkemahan PPKA Indreng Genitri, saat berlangsungnya Anniversary Jabrik ke-32, sabtu dan minggu, 20 - 21 Mei 2023, benar-benar ada lapak yang berjualan aneka kacamata dengan harga murah meriah. Dengan gayanya yang grapyak semanak, Cak Karyoganteng menyapa mereka yang kebetulan lewat di depan lapaknya.

 Banyak yang mampir untuk sekedar melihat-lihat. Ada juga yang hanya mencoba dan bertanya. Namun tidak sedikit yang membeli karena kebutuhan untuk menunjang penampilannya.

 Di sebelah lapak kacamata, juga ada lapak yang berjualan aneka pakaian untuk kegiatan di alam bebas. Diantaranya jaket dan topi lapangan. Kemudian juga ada warkop kecil-kecilan yang menjual kopi racik jenis robusta dan arabica, dari berbagai daerah. Semua harganya sangat berkawan, tidak menguras dompet.

 Apa yang dikerjakan Cak Karyo dan ke dua rekannya itu merupakan bentuk kepekaan menangkap peluang usaha. Yaitu kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai keuntungan dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan situasi dan  berbagai sumber daya yang dimiliki, dengan segala risikonya.

 Harper, ketua forum bersama lintas komunitas (formalitas), pada beberapa bulan yang lalu pernah bercerita tentang upaya memberdayakan anggotanya, dengan mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, sebagai upaya pemandirian finansial anggota.

 Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah memberi kesempatan kepada anggotanya, untuk menawarkaan “dagangannya” lewat grup whatsapp. Gayung pun bersambut, beberapa anggota mencoba menawarkannya.

 Apa yang dikatakan oleh Harper, sangat positif. Tinggal bagaimana menjaga semanagat untuk berusaha yang penuh suka duka dalam berproses.

 Ya itulah makna pemberdayaan, sebagai upaya yang dilakukan untuk membuat anggota formalitas mampu membangun dirinya sendiri, dengan memanfaatkan potensi diri dan peluang yang ada, untuk kemudian ditindak lanjuti dalam bentuk usaha nyata. Tentunya sudah memikirkan segala risikonya.

 Seandainya setiap ada acara anniversary komunitas pecinta alam (juga komunitas sosial kemanusiaan lainnya), penyelenggara memberi kesempatan mengajak mereka yang memiliki usaha untuk buka lapak dengan menyediakan area khusus UMKM, pastilah akan sangat bermanfaat bagi para pelakunya. Tentu saja acara pun akan semakin meriah.

 Tinggal bagaimana mengelolanya, dengan aturan main yang disepakati, agar tidak mengurangi suasana kemeriahan anniversary dengan segala kekhasannya, sesuai kreativitas dan kemampuan  penyelenggaranya dalam mengemas acara. Salam Lestari. Salam Waras, Seduluran Sak la wa se. [eBas/SeninPon-22052023]

 

 

 

1 komentar:

  1. tetap bersemangat kawan2 yang mencoba keberuntungan dgn membuka lapak di arena bumi perkemahan saat ada giat anniversary komunitas.
    semoga sukses dan membawa barokah bagi semua.

    Tuhan senang kepada orang yang gigih berjuang demi hudp dan kehidupannya.

    salam lestari

    BalasHapus