Sabtu, 05 Agustus 2023

MIMPI RELAWAN BERKOLABORASI DALAM KEGIATAN

Sesungguhnyalah keberadaan Jamaah LC (Lorong EduCation) adalah wadah berkumpulnya relawan dari berbagai komunitas/organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, dan pelestarian lingkungan (juga di bidang pengurangan risiko bencana).

Mereka berkumpul bukan sekedar jagongan sambil ngopi dan ngemil gorengan. Namun juga melontarkan gagasan yang menginspirasi untuk disepakati menjadi agenda bersama dalam sebuah aksi. Ya, tentunya aksi kemanusiaan.

Memang, ada gagasan yang tidak sempat di eksekusi dalam sebuah aksi. Namun tidak sedikit yang telah dilaksanakan dengan melibatkan banyak komunitas. Diantaranya, kegiatan latihan bersama dan mengadakan operasi bersih lingkungan.

Sejak akhir tahun 2020, dimana saat ini yang namanya virus mematikan dari negeri Cina, yang biasa disebut pandemi covid-19 sedang menebar cemas dan duka disetiap harinya. Jamaah LC berusaha merangkul berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam kegiatan bersama yang bermanfaat.

Namun upaya merangkul perlu kiranya ditingkatkan lagi agar benar-benar kegiatan kolaboratif itu dapat diagendakan secara berkala, sebagai uoaya menambah wawasan, meningkatkan kapasitas, serta memperluas jejaring kemitraan.

Kini, di tahun politik ini, disaat pandemi covid-19 telah berubah menjadi endemi (namun tetap waspada), tidak ada salahnya jika Jamaah LC berupaya merangkul berbagai komunitas relawan untuk saling menguatkan agar keberadaannya semakin dilihat dan dirasakan oleh para pihak terkait.

Salah satunya, melalui pertemuan yang digelar oleh relawan yang tergabung dalam Yayasan Yatim Mandiri, diharapkan muncul gagasan cerdas untuk membangun kolaborasi dalam giat-giat kemanusiaan. Ya, diharapkan relawan Yatim Mandiri  dalam kegiatan tersebut dapat menjembatani terjadinya dialog segar yang partisipatif diantara para relawan yang menghadiri undangan. Tidak sekedar kumpul melepas canda tawa sambil menikmati apa yang ada.

Jika panitianya mampu mengkondisikan sebuah pertemuan yang bermakna, yang dapat melahirkan gagasan seperti jagongan di basecamp Jamaah LC selama ini,  tentu sangat menarik. Pasti akan mendorong komunitas relawan yang lain untuk menggelar pertemuan semacam ini. Sehingga makna silaturahmi antar komunitas relawan di kota Surabaya akan benar-benar terwujud. Hal ini penting untuk membongkar sekat-sekat ego sektoral.

Dengan demikian, sepulang dari acara yang digelar di Cafe Cinta, Kecamatan Jambangan, Surabaya, pastilah peserta akan tercerahkan, untuk kemudian menginformasikan ke anggota komunitasnya dengan penuh semangat, bahwa ada hal yang menarik dari pertemuan yang digelar oleh relawan Yatim Mandiri. Wallahu a’lam bishowab. [eBas/SabtuPon-05082023]

3 komentar:

  1. tetap semangat membangun kolaborasi agar terbentuk Paguyuban Relawan Kota Surabaya sebagai wadah koordinasi antar komunitas relawan kemanusiaan, pecinta lingkungan dan penanggulangan bencana sehingga tercipta ketangguhan warga surabaya menghadapi bencana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat selalu pak. Semoga semua yang direncanakan diberikan kemudahan

      Hapus
  2. terimakasih pak kumendan support nya

    BalasHapus