Selasa, 21 November 2023

SRPB DIPERCAYA BPBD GELAR SPAB

 Alhamdulillah Tim Fasilitator SRPB Jatim kembali digandeng BPBD Provinsi Jawa Timur untuk membantu melaksanakan program SPAB ke beberapa sekolah menengah atas (dan rencananya juga menyasar pondok pesantren) di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

 Kegiatan ini didukung anggaran yang cukup memadai dari BPBD Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Dengan demikian laporan pertanggungjawabannya harus dibuat pengurus SRPB sesuai aturan dari BPBD, agar lancar semuanya.

 Sementara Tim Fasilitatornya benar-benar mumpuni. Semuanya bersertifikat. Termasuk anggota tim yang baru lulus pelatihan juga mulai diterjunkan secara proporsional. Begitu juga materinya menggunakan standar Seknas SPAB. Mungkin metodenya yang boleh variatif sesuai kearifan lokal setempat.

 Sebenarnya, sudah beberapa kali SRPB digandeng terkait pelaksanaan program SPAB dengan hasil yang menggembirakan. Sehingga wajar jika BPBD tidak meragukan dan bahkan percaya sepenuhnya kepada SRPB Jatim.

 Ya, kepercayaan inilah yang harus dijaga oleh pengurus SRPB Jatim. Semua personil yang terlibat harus 'on the track' sesuai nilai- nilai profesionalisme, seperti yang tersurat dalam Perka BNPB nomor 17 tahun 2011.

 Alhamdulillah pengurus SRPB Jatim tetap istiqomah menjalankan perannya. Walaupun pengurusnya sudah berganti personil, namun tim fasilitator SPAB tetap solid sesuai kesepakatan awal, yaitu dibawah kendali pengurus SRPB. Dengan demikian pelaksanaan program SPAB  berjalan lancar, tidak menimbulkan friksi terkait dengan pembagian tugas fasilitasi yang berimplikasi rejeki.

 Ya, diakui atau tidak, bahwa pengelolaan rejeki organisasi itu sangat peka dan mudah membuat anggota khilaf, sehingga tidak mau berbagi dan enggan diganti, bahkan jika perlu akan terus mengangkangi itu rejeki.

 Disinilah kehebatan pengurus SRPB Jatim yang benar-benar saling menguatkan tanpa meninggalkan. Sambil merangkul memberi kesempatan kepada mitranya untuk mengambil peran. Sehingga tidak muncul fragmentasi yang saling menenggelamkan. Semua diberi kesempatan dalam kesetaraan.

 Semoga di penghujung tahun bershio kelinci air ini, membawa keberkahan bagi tim fasilitator SPAB yg berada dibawah bidang pengembangan sumber daya manusia SRPB Jatim.

 Semoga BPBD nantinya juga merasa puas dengan kinerja tim fasilitator yang akan menunaikan tugas sekaligus menyiapkan laporan kegiatannya, sehingga memperlancar proses daya serap anggaran tahun 2023.

 Tentunya, banyak pihak yang berharap agar pengurus SRPB, khususnya bidang pengembangan SDM semakin giat mengajak anggota mitranya  untuk meningkatkan kapasitasnya, sehingga dapat terlibat membantu pelaksanaan program BPBD, diantaranya menjadi fasilitator. Wallahu a'lam bishowab. [eBas/SelasaLegi-21112023]

1 komentar:

  1. semoga tahun depan BPBD masih diperbolehkan memprogramkan giat SPAB. mengingat tahun 2024 adalah tahun politik persiapan pemilu yang rawan konflik.

    begitu juga dengan dinas pendidikan juga semakin peduli dengan SPAB sesuai permendikbud 33 tahun 2019 dengan segala aturan yang menyertai, dalam arti menyediakan dana untuk kegiatan SPAB di seluruh sekolah dan madarasah juga ponpes serta satuan pendidikan lainnya

    BalasHapus