Kamis, 30 November 2023

ARISAN ILMU BERGULIR KEMBALI DI PENGHUJUNG TAHUN BERSHIO KELINCI 2023

Alhamdulillah, Arisan Ilmu Nol Rupiah (AINR) akan digelar kembali. Rencananya kegiatan ikonik SRPB Jatim ini akan menempati Ruang Siaga, Kantor BPBD Provinsi Jawa Timur, pada hari minggu pahing (17/12/2023). Pesertanya dibatasi, hanya 100 orang saja. Hal ini terkait dengan tempat.

Ya, ditengah kesibukan pengurus yang padat terkait dengan penghidupannya, mereka masih sempat menjalankan program gratisan sesuai kesepakatan. Ini pertanda bahwa pengurus tetap konsisten terhadap pelaksanaan program yang telah disepakati bersama secara terbuka, tidak slinthutan.

Disini pengurus yang membidangi program AINR patut diacungi jempol. Karena mereka tetap istiqomah melaksanakan AINR di setiap bulannya. Seperti diketahui, sejak kelahirannya, AINR memang dikerjakan secara mandiri dengan metode saweran antar pengurus dan anggota mitra berbasis SUSU TANTE (Sumbangan Sukarela Tanpa Tekanan). Semua ditanggung bersama semampunya. Saling menguatkan tanpa meninggalkan. Ya begitulah, AINR belum pernah mendapat cipratan proyek seperti yang lainnya.

Ya, sejatinya pengurus SRPB Jatim tidak hanya nggarap program yang ada duitnya saja. Namun juga tetap konsisten melaksanakan program gratisan secara bersama-sama dengan penuh keadilan. Alhamdulillah, selama ini semuanya belum ada yang terkontaminasi Virus Cuan. Sehingga tidak ada yang hanya nggarap program berduit saja, dan berusaha menghindari melaksanakan program gratisan dengan berbagai alasan. Semoga hal baik ini tetap terpelihara selamanya. Ingat kata orang bijak, gak usah rebutan rejeki. Karena rejeki tidak pernah tertukar. Tenang saja semua ada waktunya.

Untuk AINR #52 ini mengambil tema “Post Traumatic Stress Disorder”, yang akan diampu oleh Ahmad Guntur, seorang dosen yang baik hati dari STIKES Widyagama Husada Malang. Tentu, sesuai konsep nol rupiah, Pak Dosen ini tidak diberi honor serupiahpun. Bahkan dia harus mengeluarkan kocek sendiri untuk biaya transportasi dan akomodasi selama perjalanan Malang Surabaya pulang pergi.

Alhamdulillah, ternyata masih ada orang pandai yang bersedia berbagi ilmu secara gratisan dalam rangka peningkatan kapasitas relawan. Semoga menjadi ladang pahala yang mbarokahi untuk jenjang karier Pak Dosen.

Menurut literatur, Post Traumatic Stress Disorder atau gangguan stres pasca trauma adalah kondisi kesehatan jiwa yang dipicu oleh peristiwa traumatis. Misalnya, pelecehan seksual, bencana alam, peperangan, atau kecelakaan. Sungguh, pengetahuan ini sangat berguna bagi relawan yang sering ikut turun ke lokasi bencana mendampingi para korban (penyintas) dengan segala deritanya.

Paling tidak, materi ini akan menambah wawasan ketika melakukan Layanan Dukungan Psikososial. Hal ini seperti yang dikatakan oleh dokter Airi Mutiar, ahli anestesi RSUD, Dokter Soetomo Surabaya, bahwa materi ini dapat dijadikan bekal untuk mengedukasi masyarakat.  

Untuk itulah sangat rugi sekali jika para relawan melewatkan kesempatan ini. Ingat, kesempatan tidak mungkin datang dua kali. Karena AINR berikutnya, mungkin akan diisi oleh nara sumber lain, misalnya dari Forum PRB Jawa Timur, dengan materi yang tidak kalah menariknya. Wallahu a’lam bishowab. [eBas/KamisKliwon-30122023]

 

 

 

 

  

 


2 komentar:

  1. tetap semangat tanpo sambat terus mengabdi tanpo rebutan rejeki tetap memegang komitmen bersama bahwa berorganisasi itu untuk mencapai tujuan bersama bukan saling memanfaatkan kesempatan untuk kepentingan sendiri

    BalasHapus
  2. Pengurus yg mengapu AINR sengaja memilih tema ini, krn atas usulan peserta AINR sebelum2nya. Dimana para relawan memang sebagian membutuhkan pengetahuan dimaksud. . Krn bisa menjadi bekal buat penangan relawan sendiri, atau bahkan utk para penyintas di saat tanggap darurat

    BalasHapus