Selasa, 23 April 2024

AKU PERNAH IKUT MERAMAIKAN RAKORNAS PB

    Akhir bulan April, 2024, BNPB punya dua agenda nasional dalam rangka upaya menanamkan budaya sadar bencana, sekaligus membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana.

    Agenda itu adalah peringatan hari kesiapsiagaan bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2024, dan perhelatan rapat koordinasi nasional (rakornas) penanggulangan bencana. Rakornas tahun ini diselenggarakan di Kota Bandung tanggal 23 - 24 April 2024.

    Peserta rakornas adalah BNPB, seluruh BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Lembaga/Kantor terkait, serta lembaga donor. Baik dalam negeri maupun luar negeri yang terkait dengan kebencanaan, serta komunitas/relawan yang diundang.

    Sebenarnya, BNPB memberi kesempatan kepada siapa saja untuk datang meramaikan rakornas, tentunya dengan biaya akomodasi dan transportasi ditanggung sendiri. Termasuk untuk membeli aneka souvenir yang ditawarkan oleh pedagang dadakan yang pandai mencari peluang.

    Aku dan kawan-kawanku juga berminat untuk datang ke Kota Kembang memeriahkan rakornas sekalian jalan-jalan ke Cihampelas mencari perlengkapan “outdoor activity” yang berkelas. Namun dikarenakan tidak memiliki sangu yang cukup, impian itu pun harus dikubur.

    Dulu, entah tahun berapa, aku dan teman-teman relawan dari berbagai komunitas, BPBD Jawa Timur pernah memfasilitasi dua bus untuk meramaikan rakornas di Jawa barat. Namanya gratisan, ya semua peserta yang berkesempatan ikut serta sangat bergembira. Apalagi konsumsinya juga melimpah, menjadi semangat tersendiri bagi kami.

    Sebelum pelepasan di halaman BPBD, kami semua di absen untuk menentukan bus mana kami berada, sekaligus mendapat pembagian kaos oren kebanggaan relawan penanggulangan bencana. Kami diwanti-wanti, agar selama di lokasi rakornas dapat menjaga nama baik Jawa Timur, dengan mengikuti segala agenda panitia.

    Sungguh, setiba di lokasi, kami tak henti-hentinya bergantian berswa foto dengan berbagai gaya, untuk mengabadikan peristiwa langka yang begitu indah untuk dikenang dan dijadikan bahan jagongan.

    Yang lebih menyenangkan lagi adalah, saat di lokasi semua diberi kaos gratis bertuliskan BNPB lengkap dengan logonya. Serta roti untuk dinikmati sambil menyimak acara rakornas. Saking banyaknya roti, teman-teman berinisiatif memasukkan beberapa box roti ke dalam bus untuk dibawa pulang.

    Disela-sela acara, kami pun tidak lupa berburu souvenir yang dijual di sekitar lokasi rakornas. Mulai kaos, jaket, rompi, topi, pulpen, emblem, jam tangan dan baju lapangan yang “eye catching”. Semuanya ada logo BNPB nya. Selain itu juga dijual aneka daster, baju batik dan batu akik, serta aneka jajanan khas Jawa barat.

    Sekarang, di tahun politik ini, BNPB kembali menggelar acara rutinnya berupa rakornas PB, aku dan relawan yang senasib tidak lagi dapat merepat ke lokasi. Cukup mengikuti lewat zoom meeting saja, sambil ngopi, mengenakan kaos oren bertuliskan rakornas yang aku beli di lokasi rakornas dulu, entah tahun berapa. [eBas/SelasaKliwon-23042024]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

    

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar