Kamis, 20 Juli 2023

RAPAT PERSIAPAN KONGRES SRPB JATIM UNTUK MEMILIH PENGURUS BARU

Menurut Peraturan yang disepakati, tahun 2023, yang bertepatan dengan tahun politik, sekretariat bersama relawan penanggulangan bencana (SRPB) Jawa Timur, wajib menggelar kongres untuk memilih pengurus baru. Ya, pergantian pengurus merupakan hal wajar di dalam organisasi yang dinamis.

Untuk itulah, Dian Harmuningsih, sebagai koordinator SRPB Jatim, mengadakan rapat pengurus secara daring pada hari Kamis (20/07/2023). hal ini demi efisiensi waktu dan tenaga. Mengingat kebanyakan pengurusnya berdomisili di luar Kota Surabaya.

Dian, yang menjadi koordinator dua periode ini, diawal sambutannya mengatakan bahwa, untuk pelaksanaan kongres kali ini BPBD Provinsi Jawa Timur kemungkinan besar tidak memberikan dukungan dikarenakan banyaknya kegiatan mendadak yang menguras anggaran. Seperti banyaknya kejadian bencana di beberapa daerah di Jawa Timur.

“Saya sudah bertemu salah satu kasie di bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Timur, untuk konsultasi penyelenggaraan kongres beberapa hari yang lalu. Untuk itulah kita harus mencari alternatif pencarian dana agar kongres tetap berjalan sesuai aturan. Jika perlu, kongres secara daring juga menarik, namun tetep diupayakan luring,” Katanya.

Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus SRPB Jawa Timur. Ada yang berhalangan hadir dikarenakan kesibukan. Rapat tersebut merupakan langkah awal dalam melakukan persiapan kongres, yang di dalamnya ada pemilihan pengurus. Agar tidak terjadi kemandegan roda organisasi.

Biasanya, Proses pemilihan pengurus itu dilakukan secara bertahap. Dimulai dari persiapan, sosialisasi, penyampaian visi misi bakal calon koordinator, hingga pada tahap pemilihan yang dilakukan secara demokratis. Ini penting, agar tidak terjadi penambahan periode seperti yang akhir-akhir ini sering diwacanakan untuk kepentingan tertentu, melalui berbagai media.

Wawan, wakil koordinator SRPB mengatakan agar peserta webinar memanfaatkan pertemuan ini untuk menyampaikan apa saja terkait dengan perjalanan SRPB yang sejak pandemi covid-19, banyak agenda yang tertuda.

 “Silahkan kawan-kawan mengutarakan saran, usulan dan sejenisnya untuk menjadi bahan kongres sekaligus perbaikan kinerja organisasi dimasa depan, pasca kongres,” Ujarnya.

Sementara, pengurus lain yang enggan disebut namanya, berharap agar semua pengurus mencoba menghubungi komunitas relawan yang menjadi anggota mitra SRPB untuk diajak kembali meramaikan kongres yang ke 3 tahun 2023. Sukur-sukur juga menanyakan ketidak aktifannya dalam berkegiatan dengan SRPB. Ini penting untuk bahan evaluasi.

“Keberadaan bidang humas dan kemitraan juga perlu sesering mungkin memberitakan segala kiprah SRPB lewat media sosial yang dimiliki. Seperti agenda Srikandi Siaga Bencana (SSB), program SPAB, dan pelatihan fasilitator SPAB, serta agenda lain agar diketahui oleh anggota mitra dan khalayak ramai,” Pungkasnya. [eBas/JumatPon-21072023]

 

 

 

 

 

4 komentar:

  1. tetap semangat kawan untuk berbuat yg bermanfaat bagi sesama
    sekecil apapun pasti akan dinilai oleh semesta

    tidak usah pidato tentang saling merangkul jika nyatanya menukul
    tidak usah pidato tentang indahnya kebersamaan jika nyatanya meninggalkan
    tidak usah pidato tentang kesantunan jika nyatanya bersaing untuk menjatuhkan.

    ingat karma
    elingo yen Gusti ora sare

    BalasHapus
  2. Tetap bersemangat merangkul semua komunitas yg menjadi mitranya melalui kegiatan bersama sesuai kittoh lahirnya SRPB akhir april 2017 di kota malang.
    Terus bergerak diantara kerasnya gosip dan isue

    BalasHapus
  3. Biarlah gusti Alloh saja yg memberikan penilaian terhadap niat dan kinerja para relawan sosial kebencanaan, karena pencapaian baik dan buruk bukan gak manusia. Salah khilaf tempatnya numpuk di manusia, jadi jgn mudah saling menjustifikasi sesama manusia. Dalani dalanmu panggoni panggonmu

    BalasHapus
  4. Semoga pengurus srpb tidak lupa secara berkala melakukan "pembinaan" kpd komunitas yg menjadi anggota mitranya yg senyatanya semakin terabaikan karena sibuk nggarap program bersama tim kecil saja ...

    BalasHapus