Rabu, 11 Oktober 2023

JAMAAH LC DIGANDENG ASAR HUMANITY MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL.

Konon, semua bermula dari Wahid, aktivis Jamaah LC yang berbagi cerita tentang adanya lembaga donor bernama Asar Humanity, yang sedang mencari “komunitas” yang secara sukarela berkenan membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Wahid pun berkoordinasi dengan anggota Jamaah LC yang untuk merencanakan kemana saja bantuan itu akan disalurkan. Masing-masing memberikan masukan dengan segala argumentasinya. Ada yang usul disalurkan ke panti asuhan yatim piatu, lembaga PAUD, Majlis Taklim, kepada penjual makanan kaki lima. Seperti penjual bakso, nasi goreng, cilok dan sejenisnya.

Senin (25/09/2023) dua truck merapat di basecamp Jamaah LC, membawa berdos dos bumbu masak, seperti mayones, dan saos tomat, yang siap diedarkan kepada mereka yang dianggap layak menerima.

Sungguh basecamp berubah menjadi gudang dengan tumpukan kardus berbagai ukuran. Karena tidak tertampung di dalam, maka sebagian ditumpuk di teras. Untungnya musim kemarau sehingga tidak kehujanan.

Wahid langsung bergerak cepat menghubungi kawan-kawan Jamaah LC untuk langsung nyicil membagikan ke beberapa pihak yang sudah diidentifikasi. Ada yang langsung diberikan kepada lembaga dalam kardus-kardus untuk kemudian dibagi kepada warga sesuai kebijakan. Atau, sudah dibagi per paket.

Kegiatan membantu menyalurkan bantuan sosial dalam jumlah besar ini merupakan pengalaman pertama bagi anggota Jamaah LC. Sehingga dalam pendistribusiannya agak kerepotan, namun akhirnya dapat tersalurkan semua sesuai amanah. Termasuk mendokumentasikan saat pendistribusiannya.

Semoga kepercayaan pihak lain kepada Jamaah LC hendaknya dijaga dengan baik penuh tanggungjawab. Termasuk juga "jangan sampai ada dusta diantara kita”. sehingga pihak lain percaya  untuk melanjutkan kegiatan serupa di kemudian hari.

Tentu, pengalaman ini harus dijadikan bahan pembelajaran bagi Jamaah LC. Salah satunya adalah Jamaah LC harus memiliki data warga yang layak menjadi sasaran program bantuan sosial serta program sosialisasi dan edukasi pengurangan risiko bencana dalam segala bentuknya.

Terimakasih kepada Asar Humanity yang berkenan mengajak kami, Jamaah LC untuk penyebaran bantuan sosial. Sungguh banyak hal yang dapat menjadi tambahan wawasan anggota Jamaah terkait dengan bagaimana melaksanakan kegiatan ini.

Semoga kerjasama ini dapat berlanjut dalam berbagai macam kegiatan. Termasuk kegiatan peningkatan kapasitas untuk relawan penanggulangan bencana. Salam Tangguh, Selalu Amanah. [eBas/KamisLegi-12102023]

 

   

1 komentar: